Cina Memiliki Kondisi yang Terus Meningkat

Oleh: Hafizah Anggraini
Abstrak

Pendidikan Penduduknya sebagian besar sudah tamat SLTA. Angka harapan hidup penduduknya adalah 71 tahun. Penduduknya mempunyai pendapatan perkapita US$ 3.950. Kapasitas ekonomi yang besar serta perkembangan ekonomi Cina yang begitu pesat berdampak positif bagi dunia internasional. Perkembangan ekonomi yang begitu pesat menyebabkan Cina kemudian semakin terintegrasi dalam pasar global. Beban belajar untuk pendidikan menengah akademis junior dapat dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Norma tradisional Tiongkok diperoleh dari versi ortodoks Konfusianisme,yang diajarkan di sekolah-sekolah dan bahkan merupakan bagian dari ujian pelayanan public kekaisaran pada zaman dulu.

Keyword: dinasti, cina, ekonomi, social, budaya, pendidikan, satuankredit semester, ortodoks, komunis.

Pendahuluan

Cina merupakan Negara dengan kapasitas ekonomi besar yang terus mengalami pertumbuhan yang pesat bahkan dimasa yang akan datang. Untuk pertumbuhan yang lebih pesat selanjutnya,selain pada keseimbangan neraca perdagangan, fokus-fokus yang perlu diperhatikan oleh Cina adalah mengenai manufaktur dengan nilai tambah yang lebih besar perhatian terhadap pasar domestic, ekspansi pada sector jasa, dan perhatian terhadap perusahaan privat. Perkembangan ekonomi Cina berpotensi mendominasi kawasan regional bahkan hingga ke internasional karena kapasitas ekonomi Cina yang besar tersebut terbukti telah mempengaruhi kegiatan ekonomi Negara-negara lainnya sehingga dapat dikatakan bahwa sedikit banyak Cina banyak berpengaruh dalam perekonomian global saat ini.

Ekonomi

Siapa yang tidak mengenal Cina? Negara yang satu ini,seringkali disebut sebagai kekuatan baru besar di Asia yang akan menggantikan kuasa Amerika Serikat di seluruh dunia. Cina, dalam perkembangannya, telah menunjukkan kemampuannya untuk berkembang secara luar biasa. Cina merupakan Negara yang menggolongkan dirinya sebagai Negara berkembang meski kekuatan ekonominya bisa dikatakan telah kuat. Pertanyaan tentang siapa Cina seringkali sulit untuk dijawab. Sulitnya memperoleh data-data tentang Cina, menyebabkan sulit juga mengidentifikasi posisi Cina baik dalam lingkup regional maupun internasional. Namun, beberapa sumber mengidentifikasi posisi Cina berdasarkan beberapa indikator, yang nanti akan dijelaskan lebih lanjut pada tulisan kali ini. Selanjutnya, pada tulisan ini juga akan dijelaskan mengenai strategi pertumbuhan Cina, juga akibat yang ditimbulkan dari pertumbhan yang begitu pesat tersebut. Kemudian, akan dijelaskan juga mengenai potensi kekuatan Cina baik dalam lingkup regional maupun internasional pada masa yang akan datang.

Keberadaan Cina dan perkembangannya sangat diperhitungkan dan diperhatikan oleh Negara-negara lain. Dalam mengidentifikasi posisinya sendiri di Asia, pemimpin Cina ingin mempertahankan posisi Cina sebagai periphery di Asia. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan politik domestic cina yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas politik. Dari sini dapat dilihat bahwa Cina dapat dikatakan tidak memiliki keinginan untuk tumbuh menjadi adikuasa di Asia apalagi pada lingkup yang lebih luas meski kekuatan ekonominya terbilang maju pesat. Cina lebih memfokuskan diri untuk menangani isu-isu dalam negerinya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan menstabilkan poltik domestiknya.

Sementara itu,Alastair lain Johnston mencoba mengidentifikasikan apakah cina dapat dikatakan sebagai Negara yang status quo atau tidak. Negara status quo merupakan Negara yang mempertahankan posisi dan kekuatannya tetap seperti sekarang, juga dapat dikatakan tanpa mengubah statusnya menjadi Negara adikuasa. Keterlibatan Cina dalam komunitas dan organisasi internasional mengalami perubahan sejak tahun 1997, padahal pada tahun-tahun sebelumnya,keterlibatan Cina dalam organisasi internasional jumlahnya adalah di bawah rata-rata keterlibatan Negara-negara lain. Pada tahun 1977 keterlibatan Cina dalam organisasi internasional hanya berjumlah sekitar 20 keanggotaan, sedangkan pada tahun 1997, jumlah keanggotaan Cina pada organisasi internasional adalah sebesar 60 keanggotaan. Hal ini menunjukkan bahwa Cina semakin terlibat dalam interaksi internasional seiring juga dengan perkembangan negaranya yang begitu pesat. Dapat dikatakan bahwa semakin berkembang Cina,maka kebutuhan akan interaksi dengan dunia internasional juga semakin penting. Meski demikian, Cina masih dianggap belum sepenuhnya menjadi partisipan konstruktif dalam komunitas internasional.

Cina semakin terintegrasi dan semakin mudah berkooperasi pada masa sekarang ini, dan bukti-bukti bahwa Cina ingin mengimbangi kekuatan unipolar Amerika Serikat dan mencoba menjadikannya multipolar, nampaknay masih samar-samar. Yang jelas,Cina adalah Negara yang memiliki kapasitas kuat, terutama dalam perekonomiannya dan berhasil menjadi Negara yang tergolong maju meski enggan diakui oleh Cina sendiri.

Apa yang kemudian mendukung pertumbuhan ekonomi Cina yang pesat sehingga membuat kapasitasnya menjadi kuat,bahkan ketika menghadapi krisis sekalipun?. Selama ini, banyak yang mungkin menganggap bahwa ekspor Cina yang tinggi merupakan faktor utama yang menyebabkan Cina memiliki ekonomi yang sangat maju, namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ekspor yang tinggi memang merupakan salah satu faktor yang penting yang mendukung pertumbuhan ekonomi Cina, namun ekspor bukan merupakan yang utama dan satu-satunya. Lagipula, ekspor Cina yang terlalu besar juga menyebabkan cina sendiri harus meningkatkan impor untuk menyeimbangkan beraca perdagangannya.

Salah satu rahasia keberhasilan Cina adalah dengan mengembangkan investasi infrastruktur, yang juga dikatakan leh Huw McKaw, sebagai fixed investment yang diberlakukan pada real estate, aktivitas industry berat, serta infrastruktur yang kemudian dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih kuat dalam jangka panjang. Bisnis real estate kemudian menjadi mayor dan dominan makroekonomi Cina sejak tahun 1999. Pada tahun 2003, Cina berhasil segera bangkit kembali dan terlepas dari pengaruh krisis Asia. Hal ini bisa dikatakan karena fixed investment yang diberlakukan oleh Cina pad sector-sektor yang teah disebutkan sebelumnya. Cina berhasil mengontrol industry berat ketika krisis sehingga tidak menimbulakn ekspansi yang berlebihan, namun kembali memberlakukan investasi pada industry berat pada tahun 2007. Cina terbukti menerapkan kebijakan investasi tersebut secara tepat waktu. Bersamaan dengan diberlakukannya investasi kembali pada sector industry berat, sector real estate di Cina juga mengalami perkembangan yang pesat dengan mengalami kecepatan kenaikan harga dan juga peningkatan penjualan. Hal ini kemudian dinyatakan berhasil menambah poin pertumbuhan GDP Cina sebesar 2,5 %. Ini kemudian membuktikan bahwa hanya ekspor yang tinggi saja yang menyebabkan Cina dapat menjadi Negara dengan kapasitas ekonomi kuat, tetapi juga kebijakan investasinya yang strategis terbukti dapat membuat cina dapat menjadi ekonomi dominan kembali pasca krisis.

Kapasitas ekonomi yang besar serta perkambangan ekonomi Cina yang begitu pesat berdampak positif bagi dunia internasional. Perkambangan ekonomi yang begitu pesat menyebabkan cina kemudian semakin terintegrasi dalam pasar global. Integrasi cina dalam pasar global tersebut kemudian menyebabkan satu per lima populasi dunia juga menjadi terintegrasi dengan pasar global. Serta menyebabkan terjadinya peningkatan dalam produksi,perdagangan,dan konsumsi yang menyebabkan meningkatnya kesejahteraan Negara-negara yang turut berpartisipasi dalam integrasi pasar tersebut. Hal tersebut tentu merupakan dampak positif atas perkembangan ekonomi cina yang luar biasa pesatnya. Namun,ada juga dampak negative dari perkembangan yang pesat ini. Potensi besar yang dimiliki cina ini kemudian dapat mengakinatkan beberapa akibat negative bagi Negara-negara lain. Song menyebutkan beberapa dampak negative tersebut adalah : (1) meningkatkan kompetisi atas barang murah yang ditawarkan oleh cina.(2) cina menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan ekonomi global, (3) meningkatnya harga komoditas energy, seperti mineral dan minyak sebagai akibat dari besarnya permintaan cina atas minyak dan mineral untuk kepentingan industry, serta(4) meningkatkan efek rumah kaca karena meningkatnya kapasitas industry.

Perkembangan ekonomi cina berpotensi mendominasi kawasan regional bahkan hingga ke internasional karena kapasitas ekonomi cina yang besar tersebut terbukti telah mempengaruhi kegiatan ekonomi Negara-negara lainnya sehingga dapat diakatakan sedikit banyak cina cina banyak berpengaruh dalam perekonomian global saat ini. Cepat atau lambat.diakui atau tidak, cina berpotensi untuk mendominasi ekonomi setidaknya secara regional yang mungkin nanti akan berkembang secara internasional jika kapasitas ekonomi cina semakin besar dan kebijakan yang diberlakukan mengenai keseimbangan perdagangan dan sebagainya semakin strategis.

Sosial Budaya

Pertumbuhan penduduk Negara ini adalah 0,8 % setiap tahun. Sebagian besar penduduk tnggal di wilayah pedesaan. Komposisi penduduknya termasuk dalam kategori stasioner. Pendidikan penduduknya sebagian besar sudah tamat SLTA. Angka harapan hidup penduduknya adalah 71 tahun. Penduduknya mempunyai pendapatan perkapita US$ 3.950.

Norma tradisional tiongkok diperoleh dari versi ortodoks Konfusianisme, yang diajarkan di sekolah-sekolah dan bahkan merupakan bagian dari ujian pelayanan public kekaisaran pada zaman dahulu. Akan tetapi keadaan tidak selalu begitu karena pada masa dinasti Qing, umpamaanya, kekaisaran tiongkok terdiri dari banyak pemikiran seperti legalisme, yang didalam banyak banyak hal tidak serupa dengan Kong Hu Cu, dan hak-hak mengkritik kerajaan yang zalim dan perasaan moral individu dihalangi oleh pemikir ortodoks. Sekarang, adanya neo-Konfusianisme yang berpendapat bahwa ide demokrasi dan hak azasi manusia sejajar dengan nilai-nilai tradisional Konfuciusme” Asia”.

Para pemimpin yang memulai langkah-langkah untuk mengubah masyarakat Tiongkok setelah berdirinya RRT pada 1949 dibesarkan dalam lingkungan tua dan telah diajarkan norma hidup sesuai demgam lingkungan hidupnya. Meskipun mereka merupakan revolusioner yang mampu beradaptasi dengan zamannya, mereka tidak ingin mengubah budaya Tiongkok secara besar-besaran. Sebagai pemerintah langsung, para pemimpin RRT mengganti aspek tradisional seperti kepemilikan tanah di desa dan pendidikan tetapi masih menyisakan aspek-aspek lainnya, misalnya struktur keluarga. Kebanyakan pemerhati luar berpendapat bahwa waktu setelah 1949 bukanlah sesuatu yang berbeda di RRT dibandingkan dengannya sebelum itu, malah merupakan penerusan cara hidup yang berpegang pada nilai-nilai lama masyarakat Tiongkok. Pemerintah baru di terima tanpa protes apa pun karena pemerintahan baru dianggap ”mendapat mandate dari surge” untuk memrintah, mengambil alih kepemimpinan dari kekuasaan lama. Seperti pada zaman lampau,pemimpin seperti Mao Zedong telah disanjung. Pergantian dalam masyarakat RRT tidak konsisten seperti yang didakwa.

Sepanjang masa pemerintahan RRT, banyak aspek budaya tradisi TIongkok seperti seni lukis, peribahasa, bahasa, dan sebagainya yang lain telah coba dihapus oleh pemerntah seperti yang terjadi pada Revolusi Kebudayaan karena didakwa kolot, feudal, dan berbahaya. Semenjak itu, Tiongkok telah menyadari kesalahannya dan mencoba untuk memulihkannya semula, seperti reformasi Opera Beijing untuk menyuarakan propaganda komunisnya. Dengan berlalunya waktu, banyak aspek tradisi tiongkok telah diterima kerajaan dan rakyatnya sebagai warisan dan sebagian jati diri Tiongkok. Dasar-dasar resmi pemerintah kini dibuat berlandaskan kemajuan dan penyambung peradaban Tiongkok sebagai sebagian identitas bangsa. Nasionalisme juga diterapkan kepada pemuda untuk member legitimasi kepada pemerintahan Partai Komunis Tiongkok.

Pendidikan

Sikap orang cina yang mementingkan pendidikan di dalam kehidupannya telah melahirkan sebuah filofis orang cina mengenai pendidikan. Pendidikan ini telah lama menjaga kekuasaan cina berapa lama, sampai pada masuknya bangsa asing ke cina yang akan merubah wajah sistem pendidikan kono di China. Tetapi, pada kesempatan ini tidak menjelaskan sampai masuknya bangsa sing ke cina. Permulaan pendidikan cina kuno mencapai puncak dimulai pada Dinasti Han, dimana ajarah Kung fu Tse kembali lagi diangkat dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat cina, yang sebelummnya ajaran ini dihapus oleh penguasa sebelumnnya.

Masyarakat cina yang menganggap pendidikan sejalan dengan filsafat, bahkan menajdi alat bagi filsafat, yang mengutamakan etika. Anggapan ini membuat pendidikan di cina kembalinya popularitas aliran filsafat Kung Fu Tse di dalam masyarakat ini. Pada masa Dinasti Han banyak melahirkan para sarjana-sarjana yang kelak akan memimpin Negara dan telah membuat Dinasti Han sebagai salah satu dinasti yang besar dalam sejarah cina.

Sistem pendidikan yang dikembangkan oleh mantan pengikut-pengikut Kung Fu Tse ini telah melahirkan sebuah golongan yang terkenal dalam sejarah cina dan menentukan perjalanan kekuasaan Dinasti Han, yaitu kaum Gentry. Kaum Gentry merupakan suatu komunitas orang-orang terpelajar yang telah menempuh pendidikan dan sistem ujian Negara. Sistem pendidikan yang diterapkan oleh pihak pemerintahan pada saat itu awalnya bertujuan untuk mencari calon-calon pejabat pemerintahn yang beraliran konfusius. Jenjang pendidikan didasarkan atas tingkatan daerah administrative pemerintahan. Setiap distrik memiliki sekolah-sekolah, sampai pada akademi di ibu kota kerajaan. Setiap jenjang tersebut diharuskan melewati sistem ujian yang terbagi kedalam tiga tahapan. System ujian ini dinilai sangat berat disebabkan dari banyak orang yang ikut ujian ini hanya beberapa yang berhasil lulus. Kekaisaran dinasti Han telah memberikan dasar-dasar pada sistem ujian di daratan cina, walaupun selanjutnya ada perubahan dan penambahan. Sistem pendidikan ini juga membawa perubahan pada stratifikasi masyarakat dan pola prestise dalam masyarakat. System pendidikan yang menghasilkan lulusan-lulusan pelajar secara alami membentuk kelas baru, yang pada akhirnya menggeser posisi bangsawan dan stratifikasi masyarakat cina. Dan pola prestise dalam masyarakat, dimana masyarakat tidak lagi sepenunhnya memandang orang dari kepemilikan harta atau keturunanya, tetapi masyarakat memandang orang dari kepemilikan harta atau keturunannya,tetapi masyarakat memandang seseorang dari jenjang pendidikan yang telah ditempunya. Disamping itu, kaum gentry ini diberikan penghormatan dan penghargaan berupa hak-hak istimewa dari pemerintahan dan masyarakat.

Pada masa dinasti han sudah terdapat sebuah system pendidikan yang ketat. Para pengikut-pengikut konfusius yang berada di beberapa daerah distrik mendirikan sekola-sekolah yang bersifat informal. Disebut sekolah informal dikarenakan proses belajar mengajar dilakukan tidak terikat oleh tempat atau waktu. Dengan menggunakan gambar yang tertera dalam pembelajaran dapat diketahui metode mengajar yang digunakan para guru dalam menyampaikan bahan materi pembelajaran. Jadi dari gambar dan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa metode mengajar yang digunakan oleh guru pada saat itu ialah metode ekspositori (ceramah). Penyimpulan ini dikarenakan yang dilakukan serupa dengan metode ekspositori, dimana guru lebih aktif disini dalam mentransfer ilmu kepada murid.

Setelah tahapan belajar mengajar, maka melangkah kepada tahapan evaluasi atau sytem ujian. System ujian yang berlaku pada masa dinasti Han merupakan suatu hal yang unik dalam sistem pendidikan Cina. Pada masa itu sudah berkembang suatu sistem evaluasi yang sangat kompleks. Menurut Rochiati Wiriaatmadja, mengatakan bahwa ujian ini dibagi ke dalam tiga tahap atau tiga jenjang. Tiga tahap ujian tersebut antara lain : Ujian tingkat pertama diadakan di beberapa ibukota. Calon pegawai yang dapat melewati ujian tahap pertama ini diberi gelar Hsui-Tsai bila diartika yaitu ”bakat yang sedang berkembang”. Selanjutnya, ujian tingkat dua yakni ujian tingkat provinsi untuk mencapai gelar Chu-Jen, yakni”orang yang berhak mendapatkan pangkat”. Orang-orang yang berhak mengikuti tahapan ujian ini yaitu orang-orang yang telah mendapatkan gelar Hsui-Tsai.

Para peserta Ujian tidak langsung mengikuti ujian, tetapi mereka di haruskan mengikuti latihan di akademi prefektur dalam rangka mengahadapi persiapan ujian Chu Jen. Ujian provinsi ini diadakan tiga tahun sekali. Mereka yang dapat lulus dari ujian ini dengan nilai tertinggi akan mendapatkan tunjangan belajar. Pada tahap akhir yaitu ujian tahap tiga yang diadakan di ibukota kerajaan. Ujian ini diadakan setiap tiga tahun sekali, dilaksanakan setahun setelah ujian provinsi. Tahapan ujian bertujuan untuk mendapatkan gelar Chih Shih,yakni Sarjana naik pangkat.

Pendidikan memiliki peranan yang sangat strategis dalam membangun suatu masyarakat bangsa. Melalui pendidikan suatu bangsa dapat mengembangkan masyarakatnya menjadi masyarakat dan bangsa yang maju. Karena melalui pendidikan akan dapat dikembangkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan mayarakat yang ingin dikembangkannya. Semua keberhasilan itu, tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh para pemimpin Cina dalam melakukan reformasi dalam berbagai aspek kehidupan di Cina, terutama dalam dunia pendidikan Cina, dalam beberapa tahun terakhir, berhasil membuat prestasi yang sangat mengagumkan, yaitu merubah kondisi social ekonomi masyarakatnya, yang tadinya hanya sebagai Negara berkembang,yang hanya mampu menyediakan kebutuhan dasar masyarakatnya, kemudian merubah dan masuk ke tahap awal menjadi masyarakat yang makmur.

Perubahan yang dialami cina merupakan perubahan yang sangat berarti. Perkembangan ekonomi dan kemajuan yang dialami cina sangat dikagumi dunia dan dihormati oleh banyak kalangan. Keyakinan mereka membangun bangsa melalui sector pendidikan terlihat dari upaya ekspansi yang berkelanjutan yang dilakukan sejak tahun 1980 sampai awal tahun 1990. Selama periode ini,pendidikan terus mengalami kemajuan secara cepata, dan banyak inovasi yang historis selama decade tersebut.

Kemajuan dunia pendidikan yang terjadi di akhir 90-an dan awal 2000 di cina tidak lepas dari peran seorang birokrat yang memiliki visi dan komitmen yang kuat terhadap dunia pendidikan. Li Lanqing,yang pada tahun 1993 di angkat menjadi wakil Perdana Menteri Cina,sekaligus ditugasi untuk menangani masalah pendidikan di negeri tirai bambu tersebut,adalah orang yang dianggap berhasil melaksanakan tugasnya mendorong kemajuan cina melalui reformasi dalam bidang pendidikan. Li Lanqing sebenarnya bukan tokoh yang berlatar belakang bidang pendidikan.

Pada tahun 1993, tercatat, guru memiliki gaji yang rendah dan disadari, kondisi ini akan berpengaruh terhadap kinerja dan profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya. Bagaimana dapat menuntut guru melasanakan tugas dengan optimal, kalau dirinya menghadapi masalah dengan kesejahteraan diri dan keluarganya. Pada tahun 1989, dana dari Negara untuk pendidikan hanya 9,4 milyar yuan. Dengan dana sebesar itu, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengembangkan dunia pendidikan, yang harus melayani masyarakat lebih dari saru milyar orang. Li Lanqing memandang bahwa yang bertanggungjawab menyediakan pendidikan yang layaka adalah pemerintah.

Pendidikan dasar, khususnya untuk wajib belajar, sangat tergantung pada alokasi dana dari pemerintah. Demikian juga dengan pembiayaan pengembangan infrastruktur untuk pendidikan keterampilan dan pendidikan tinggo, sangat bergantung pada dukungan dana dari pemerintah. Hanya permasalahannya adalah semua itu diatur dengan undang-undang. Beberapa inovasi lain telah digulirkan cina adalah. diberlakukannya wajib pendidikan dasar 9 tahun dan penghapusan buta huruf bagi anak muda dan setengah baya. Inovasi in berhasil mebingkatkan tingkat pendidikan nasional secara berarti. Pendidikan tingggi dikembangkan secara cepat dengan bebrapa perubahan awal, diantaranya pembelajaran dikembangkan dengan menekankan pada peningkatan siswa, seperti mengembangkan karakter siswa sebagaimana penguasaan pengetahuan(kognisi). Penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan juga telah berhasil mendorong mempercepat modernisasi. Kompensasi, kesejahteraan dan status social guru telah banyak dikembangkan, dan membuat profesi tersebut mendapat respek dan penghormatan dari masyarakat. Pendidikan swasta berkembang dengan cepat. Hal ini ditandai dengan banyak jenis sekolah dibangun. Pertukaran pendidikan dan kerja sama dengan Negara lain secara aktif dan luas telah memperkuat daya saing/kompetisi di dunia.

Pada decade terakhir,sejumlah permasalahan besar telah terpecahkan. Total dana pendidikan nasional telah mencapai rata-rata 20 % per tahun, dan mencapai 548milyar yuan pada tahun 2002,lima kali lebih banyak dibangding tahun 1993. Diakhir abad 20,wajib pendidikan dasar 9 tahun telah mendekati universal dan remaja dan orang-orang setengah baya telah bebas dari buat huruf,sementara pendidikan menengah telah meningkat dengan sangat pesat. Sejak tahun 1999,institusi pendidikan tinggi telah mengerahkan banyak siswa setiap tahunnya hingga tahun 2002. Terdapat 16 juta siswa di jenis pendidikan tinggi yang berbeda. Berdasarkan satistik UNESCO terakhir skala pendidikan tinggi cina adalah terbesar di dunia. Selama sepuluh tahun perubahan dan pengembangan secara keseluruhan telah menciptakan suatu pemandangan pendidikan baru di Cina.

Sistem Pendidikan

Pendidikan di Cina gratis selama 9 tahun walaupun murid tetap harus mengeluarkan uang untuk membeli buku-buku pelajaran. Selepas tingkat Junior,orang tua harus membiayai sendiri pendidikan anak-anaknya. Ini membuat banyak anak-anak pedesaan atau anak-anak tak mampu untuk bersekolah. Setelah tahun 1995 dan 1997,anak-anak di Cina belajar lima dan lima setengah hari per minggu. Tahun akademik dibagi menjadi 2 semester,yang terdiri dari 9,5 bulan dimulai pada tanggal 1 september dan maret. Dengan libur musim panas dan bulan juli dan agustus dan libur musim dingin pada bulan januari dan februari. Semua siswa sekolah dalam berbagai tingkatan tinggal dalam asrama-asrama.1. Pendidikan Dasar.

Anak-anak di cina memulai pendidikan formal pada usia 3 tahun dengan masuk pra sekolah yang berlangsung selama 3 tahun. Dilanjutkan masuk sekolah dasar pada usia 6 tahun. Sekolah dasar berlangsung selama 6 tahun dengan mata pelajaran utama bahasa cina,matematika,sejarah,geografi,sains,dan sebagainya. Selain itu ada juga pendidikan moral dan politik dasar. Dukungan besar juga diberikan untuk pendidikan jasmani.

Basic Education meliputi taman kanak-kanak(TK),sekolah dasar(SD),dan sekolah Menengah (SMP atau SMA). Lama pendidikannya yaitu :prasekolah usi 3 tahun ke atas,sekolah dasar selama 5-6 tahun dengan usia masuk SD 6 tahun.

1. Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah dibagi menjadi dua bagian yaitu pendidikan menengah akademis dan pendidikan menengah kejuruan/khusus/teknik. Sekolah menengah akademis dibagi menjadi dua level yaitu junior dan senior. Level junior dimulai pada usi 12 tahun dan berlangsung selama 3 tahun. Untuk masuk ke tingkat senior.mereka harus lulus tes yang akan menentukan apakah mereka dapat lanjut ke tingkat senior atau mengikuti kelas kejuruan. Level senior dimulai pada pada usia 15 tahun berlangsung selama 2 atau 3 tahun. Di sekolah menengah senior,murid-murid memilih untuk mengikuti kelas sains atau social. Lulusannya diarahkan untuk lulus ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional. Olahraga dan politik juga dimasukkan ke dalam kurikulum. Sekolah kejuruan memiliki program antara 2 sampai 4 tahun dan memberikan pelatihan keahlian di bidang pertanian,manajerial,ketenagakerjaan dan teknik. Sekolah teknik menawarkan program 4 tahun untuk melatih siswanya. Sekolah jenis ini diorientasikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terlatih.

2. Pendidikan Khusus

China juga memiliki sistem pendidikan khusus untuk anak-anak dengan kemampuan khusus dan untuk anak-anak terbelakang. Anak-anak dengan kemampuan khusus akan diperbolehkan untuk melompat kelas. Anak-anak dengan kemampuan terbatas akan diarahkan untuk mencapai kemampuan standar minimum.

3. Pendidikan Tinggi

Apapun jenis pendidikan tingginya mereka harus lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional yang berlangsung pada bulan juli dan diadakan pemisahan antara kelas social dan sains. Penempatan jurusan ditentukan oleh hasil tes. Siswa yang mengikuti ujian mendaftar untuk beberapa jurusan yang dipilih. Sistemnya serupa dengan UMPTN di Indonesia. Pendidikan tinggi menawarkan program akademik dan kejuruan. Sebenarnya ada banyak universitas dan college di cina tetapi tingkatan dan kualitasnya sangat bervariasi. Beberapa yang terkenal misalnya Beijing University dan Shanghai’s University. Umumnya siswa harus menjalankan 4-5 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana. Untuk masuk tingkatan master dan doctoral,mereka juga harus lulus ujian. Selain universitas ada college yang menawarkan 2 atau 3 tahun dengan jenis pendidikan kejuruan yang setara dengan diploma dan dapat meningkatkan gelarnya menjadi sarjana.

Berikut ini adalah kurikulum untuk jenis pendidikan umum,kejuruan,dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
1) Kelompok mata pelajaran Agama dan Moral
2) Kelompok mata pelajaran Cina dan MA
3) Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Matematika
4) Kelompok mata pelajaran Social dan politik
5) Kelompok mata pelajaran Jasmani,Olahraga,dan Kesehatan
6) Kelompok mata pelajaran Bahasa Cina dan Bahasa Asing
Beban belajar yang diberikan kepada siswa dalam satu tingkatan dengan tingkatan lain berbeda-beda. Berikut ini adalah beban belajar bagi siswa di China :
1) Beban belajar untuk pendidikan dasar dan pendidikan menengah menggunakan jam pembelajaran setiap minggu setiap semester dengan sistem tatap muka,penugasan terstruktur,dan kegiatan mandiri tidak terstruktur,sesuai kebutuhan dan cirri khas masing-masing.
2) Beban belajar untuk pendidikan menengah akademis junior dapat dinyatakan dalam satuan kredit semester(SKS).
3) Beban belajar pendidikan menengah akademis senior pada jalur pendidikan formal kategori standar dapat dinyatakan dakam satuan kredit semester. Beban belajar untuk pendidikan menengah akademis junior pada jalur pendidikan formal kategori mandiri dinyatakan dalam satuan kredit semester.
4) Beban belajar pada pendidikan kesetaraan disampaikan dalam bentuk tatap muka,praktek keterampilan,dan kegiatan mandiri yang terstruktur sesuai dengan kebutuhan.
5) Kurikulum untuk SMP atau bentuk lain yang sederajat,SMA atau bentuk lain yang sederajat,SMK atau bentuk lain yang sederajat dapat memasukkan pendidikan kecakapan hidup
6) Pendidikan kecakapan hidup yang mencakup kecakapan pribadi,kecakapan social,kecakapan akademik,dan kecakapan vokasional.
Pendidikan di China menggunakan sistem kredit dan dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya apabila telah memenuhi angka kredit sedangkan di Indonesia,hal tersebut dilaksanakan pada jenjang perguruan tinggi. Tingkatan Pendidikan di China terdapat Pendidikan Khusus. Sedangkan di Indonesia tidak ada tingkatan pendidikan khusus. Muatan dari materi kimia yang diajarkan lebih menekankan pada aplikasi dan lingkungan. Sedangkan di Indonesia aplikasi dan lingkungan tidak begitu diutamakan.

Daftar Pustaka

Golley,Jean dan Ligang Song.2011.”China’s Rise in a Changing World”,dalam Rising China Global Challenge and Opportunities. Canberra: ANU E Press.
Henida,Citra.2014.”Taiwan: Industrialization and Cross Strait Relation”.disampaikan pada Kuliah MBP Asia Timur. Departemen Hubungan Internasional,Fisip Unair. Senin,5 Mei 2014.
Johnston,Alastair lain.2003.”Is China a Status Quo Power?”,dalam Internasional Security. Harvard College.
McKay,Huw.2011.” Turbulent Half-Decade”,dalam Rising China Global Challenge and Opportunities. Canberrra: ANU E Press.
Schmidt,Dirk dan Sebastian Heilmann.2010.”Dealing with Ekonomic Crisis in 2008-09:The Chinese Government’s Crisis Management in Comparative Perspective”,dalam China Analysis [ online ],di unduh dari www.chinapolitik.de,[Rabu,7 Mei 2014]
Sutter,Robert G.2005.”China’s Rise in Asia:Promises,Prospects and Implications for the United States”,dalam Asia Pasific Security Stidies. Asia pacific Center of Security Studies.
“Law of the People’s Republic of China on the Standard Spoken and Written Chinese Language (Order of the President No.37)”.Goven. Diakses 27April 2010.
Walton,Greg; International Centre for Human Rights and Democratic Development (2001). “Executive Summary”.China’s golden shield:Corporations and the Development of Surveillance technology in the People’s Republic of China. Rights & Democracy. Hlm.5.ISBN 978-2-922084-42-9.
Smith,Joseph;and Davis,Simon.[2005](2005). The A to Z of the Cold War. Issue 28 of Historycal dictionaries of war,revolution,and civil unrest.Volume 8 of A to Z guides. Scarecrow Press publisher. ISBN 0-8108-5384-1,9780810853843.
Ross Terrill,The New Chinese Empire : And What It Means for the United States,Basic Book,hardcover,400 halaman,ISBN 0-465-08412-5
Roads Murphey,East Asia:A New History,U.of Michigan Press:1996.
http://www.republika.co.id/berita/shortlink/15502.
http://kumpulan-materi.blog.spot.com/2013/03/wilayah-negara-cina.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Rakyat_Tiongkok
http://browse.oecdbookshop.org/oecd/pdfs/product/410709le.pdf
Angus Maddison.Chinese Economic Perfomance in the Long Run. Development Centre Studies. Accessed 2007.p.29
http://faizmubarok19.blogspot.com/2012/06/perkembangan-pendidikan-di-cina.html
Rabu,20 Juni 2002 Diposkan oleh faiz mubarok di 08.47
http://juankfranklinsagrim.blogspot.com/2007/07/sejarah-pendidikan-china.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here